Present to my parents especially my beloved daddy who always say that "Fear of the Lord is The Begining of Knowledge" and always give the best for his daugter. Promise, i will still be your little daughter and give you the best on me and would not leave the Lord, Dad.

Be careful for nothing but in everyting by prayer and supplication with thanksgiving let your request be made known unto God. Filipi 4:6

Senin, 12 November 2012

BAHAN PAKAN KONSENTRAT


Konsentrat adalah suatu bahan pakan yang dipergunakan bersama bahan pakan lain untuk meningkatkan keserasian gizi dari keseluruhan pakan dan dimaksudkan untuk disatukan dan dicampur sebagai suplemen atau pakan lengkap. Konsentrat bertujuan sebagai makanan ternak penguat yang kaya karbohidrat dan protein seperti jagung, bekatul dan bungkil-bungkilan. Konsentrat digunakan terutama pada saat pertumbuhan, pada masa kebuntingan maupun saat menyusui bagi induknya.
Konsentrat sumber protein dapat diperoleh dari hasil samping penggilingan berbagai biji-bijian, bahan pakan sumber protein hewani, dan hijauan sumber protein, sedangkan konsentrat sumber energi dapat diperoleh dari dedak dan biji-bijian seperti jagung. Bahan pakan penguat ini meliputi bahan makanan yang berasal dari biji-bijian seperti jagung giling, menir, bulgur, dedak, bekatul, bungkil kelapa, tetes dan berbagai umbi. Fungsi pakan penguat ini adalah meningkatkan dan memperkaya nilai gizi pada bahan pakan lain yang nilai gizinya rendah. Sapi yang sedang tumbuh ataupun yang sedang dalam periode penggemukan harus diberikan pakan penguat yang cukup, sedangkan sapi yang digemukkan dengan sistem dry lot fattening” justru sebagian besar pakan berupa pakan berbutir atau penguat.
Konsentrat dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu konsentrat sumber protein dan konsentrat sumber energi. Konsentrat dikatakan sebagai sumber energi apabila mempunyai kandungan protein kasar kurang dari 20% dan serat kasar 18%, sedangkan konsentrat dikatakan sebagai sumber protein karena mempunyai kandungan protein lebih besar dari 20%.
Konsentrat sangat dibutuhkan oleh ternak ruminansia (sapi potong), karena bahan-bahan tersebut mudah difermentasikan sehingga konsentrat akan meningkatkan kadar propionat yang berguna dalam pembentukan daging dan akan merangsang pertumbuhan mikrobia rumen sehingga mempercepat kemampuan mencerna serat kasar. Penambahan konsentrat pada ternak ruminansia memungkinkan ternak untuk mengkonsumsi pakan yang lebih baik nutriennya dan lebih palatabel, selain itu kecenderungan mikroorganisme dalam rumen dapat memanfaatkan pakan penguat terlebih dahulu sebagai sumber energi dan selanjutnya dapat memanfaatkan pakan kasar yang ada. Konsentrat sangat mudah dicerna dan berperan sebagai sumber zat pakan utama seperti karbohidrat dan protein. Kualitas konsentrat perlu diperhatikan dalam menyusun pakan sapi potong ditentukan oleh kandungan protein dan energinya. Selain komposisi kimia faktor penting dalam mengevaluasi konsentrat terkandung dalam pakan sapi perah adalah palatabilitas, kualitas produk dan biaya.
Pemberian pakan konsentrat biasanya diberikan sebelum pakan kasar atau hijauan. Hal ini dimaksudkan agar mikrobia rumen telah mendapat cukup energi sehingga dapat berkembangbiak secara optimal dan selanjutnya mikrobia tersebut diharapkan mampu mengkonversi pakan kasar yang berupa hijauan menggunakan enzyme selulase dan kemudian diserap oleh tubuh ternak. Pemberian hijauan dilakukan biasanya selang 2 jam setelah pemberian konsentrat agar mikroba dalam rumen dapat berkembang biak terlebih dahulu, sehingga dapat mencerna hijauan dengan baik. Imbangan pemberian hijauan dan konsentrat dalam bahan kering supaya dapat dicapai koefisien cerna pakan tertinggi adalah sebesar 60 : 40.
Bentuk pakan ada tiga jenis yaitu:
1.    Bentuk tepung.
Cara membuatnya sangat sederhana, yaitu semua bahan digiling jadi tepung kemudian di aduk sampai rata dan siap di sajikan. Pakan jenis ini tidak efektif karena ayam memiilih jenis pakan yang di sukai sehingga banyak nutrisi yang tidak di konsumsi
2.    Bentuk crumbles (butiran pecah).
Semua bahan di giling jadi tepung kemudian di aduk hingga rata .setelah itu di kukus atau di uapi dengan panas antara 800C-90 C. Kemudian pakan diaduk dalam ayakan yang berlubang sambil di tekan tekan sehinga butiran berjatuhan. Jemur butiran itu hingga kering dan siap di sajikan. Pakan jenis ini cukup efisien tidak banyak nutrisi yang terbuang.
3.    Bentuk pelet.
Caranya sama dengan crumble. Tapi setelah penguapan,dimasukkan dalam gilingan daging atau sambal sehingga keluar bentuk memanjang. Kemudian di potong potong dan di jemur sampai kering.siap di sajikan. Pakan jenis ini pun cukup efisien.



KONSENTRAT UNTUK RUMINANSIA
Komposisi membuat konsentrat untuk pertumbuhan berat badan yang baik, dalam komposisi konsentrat tersebut harus terkandung unsur protein yaitu komposisinya terdiri dari dedak halus 75%, jagung giling 8%, bungkil kedelai 3%, bungkil kelapa 10%, kalsium 2% dan garam dapur 2%.  Semua bahan itu harus dalam kondisi lembut agar mudah bercampur satu sama lain. Bahan itu kemudian dicampur dalam suatu wadah dan diaduk sampai merata. Bahan-bahan yang sudah bercampur merata inilah yang disebut konsentrat dan siap diberikan pada ternak. Konsentrat yang akan diberikan takarannya harus pas sehingga bisa habis dekali makan. Sebelum diberikan konsentrat tersebut diberi air sedikit-sedikit sambil diaduk hingga diperoleh adonan yang pekat.
Konsentrat yang paling gampang adalah dengan menggunakan jerami dan tetes tebu,perbandinganya tetes tebu 1 liter, jeraminya 1 truk double atau engkel. Biarkan selama 21 hari, lalu berikan dengan cara pada pagi hari hijauan, siang fermentasi jerami, sore hijauan di tambah minuman campur bakatul 3 genggam. Pertambahan berat badan sampai 0,7 kg sehari sampai 1 kg sehari.

FORMULA KONSENTRAT  UNGGAS:
BAHAN PAKAN
TERNAK UNGGAS
AYAM
BEBEK
Bungkil kedelai
Bungkil kalapa 
Tepung ikan     
MBM                 
Tepung daun   
Top mix            
Minyak ikan     
33 kg
43 kg
 7 kg
7 kg
 5 kg
 2 kg
 3 kg
28 kg
29 kg
17 kg
17 kg
5 kg
2 kg
2 kg

Semua baha diatas dihaluskan dan dicampur dengan rata. Pencampuran dilakukan dengan meletakkan bahan yang paling banyak jumlahnya lalu diikuti bahan yang jumlahnya lebih sedikit hingga bahan pakan habis. Kemudian bahan dibagi menjadi empat bagian dan diaduk dalam empat bagian, dan setelah itu semua bagian diaduk secara rata. Konsentrat dapat diberikan pada ternak.


 

ALUR PEMBUATAN KONSENTRAT



 





Untuk membuat konsentrat diperlukan alat-alat seperti:
1.       Preparation/Persiapan
2.      Mixer/Pencampuran
3.      Pelletizer/Pembuatan Pelet
4.      Cooler/Pendingan
5.      Crumbler/Pembuatan Crumbe
6.      Packing/ Pengemasan





REFERENSI :
Parakkasi, A. 1999. Ilmu Nutrisi dan Makanan Ternak Ruminan. Universitas Indonesia Press, Jakarta.
Siregar, S. B. 1995. Ransum Ternak Ruminansia. Penebar Swadaya, Jakarta.
Sutardi, T. 1981. Sapi Perah dan Pemberian Makananya. Fakultas Peternakan IPB, Bogor.

10 komentar:

  1. Konsentrat kami sangat berkwalitas dan Tersebar di beberapa kota di Jawa Tengah

    Adapun Bahan yang kami Gunakan sbb:
    1.Kepala Udang
    2.Nasi Sisa Hotel & Restoran Seafood
    3.Tepung Tulang
    4.Tepung Ikan
    5.Bungkil Kelapa
    6.Tepung Daun

    Harga 4000/kg Pemesanan min. 1 Ton
    Melayani Area Jateng DIY

    Contact Person
    082137012765 (Sdr. Ilham)
    Pin BB : 3263E1F8

    BalasHapus
  2. Konsentrat yg di tawarkan ini buat unggas atau sapi Gan

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. meat bone meal butuh mbm hubungi 082229961235

      Hapus
  4. jual tepung ikan hub 081314100800

    BalasHapus
  5. butuh MBM hubungi 082229961235

    BalasHapus
  6. Ape perbezaan sumber protein dan energi

    BalasHapus